Harapan, Impian dan Doa

“Apakah kamu puas masuk sekolah ini?” Sang kakak kelas bertanya, berhadapan dan bertatap muka denganku.

“Hmm, kalo nurutin kata hati sih nggak puas mas, manusia nggak punya batas kepuasan atas keinginannya.” Aku menjawab, mencoba se-tegas mungkin.

“Baguslah kalo gitu, jadikan itu semangatmu, jangan puas dan bangga hanya dengan masuk sekolah ini, buatlah sekolah ini bangga karena punya kamu sebagai muridnya.” Sambung si kakak kelas, sambil menempelkan tempelan dari kertas ke nametag-bentuk-bola yang aku kalungkan, kalung yang bertuliskan “P” (P = Plegmatis) dan berbagai macam tempelan yang aku dapatkan dari berkeliling koridor utama dari SMA-ku, hanya bisa berjalan satu arah, mengajarkan kita fokus dan berpikir kritis.

Kakak kelas yang tadi adalah “rintangan” terakhir dalam masa pra-MOS saat aku SMA dulu, “rintangan-rintangan” sebelumnya pun sama, bertatap muka, diskusi, mengajarkan kemampuan fokus dan berpikir kritis. Dan iya! Tidak ada yang namanya bully-membully atau kekerasan semasa Masa Orientasi Siswa, benar-benar asyik, seandainya nggak ada tugas-tugas yang menggila sampe dikerjain malem-malem..haha.

Oke, aku terhitung orang yang beruntung, SD disekolahin orangtua di SD Islam, SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang Alhamdulillah setidaknya membuatku menjadi tidak terlalu rusak saat ini..haha. SMP Negeri 1, dan SMA Negeri 5, semuanya di Surabaya, yang Alhamdulillah juga turut ikut andil dalam pembentukan karakterku saat ini. Dan aku pun masih ingat, dulu waktu SD saya diiming-imingi orang-orang buat masuk ke SMP dan SMA yang jadi sekolahku juga akhirnya. Ya! Itu adalah mimpiku yang pertama, mimpi yang setidaknya ada di setiap benak sebagian besar anak-anak SD di Surabaya yang masih imut-imut dan polos..hhe. Alhamdulillah, terkabul 😀

Aku terhitung orang yang beruntung, setidaknya dari masa SMP, kelas 2 kalo nggak salah, entah kenapa Teknologi, Komputer, Elektronika dan Internet terdengar asyik di telingaku, dan bukan bermaksud sombong, Microsoft Word dengan Page Layout, Paragraph Settings, blablabla, Excel dengan Vlookup dan Hlookupnya dan Powerpoint dengan efek-efek slide yang di-Random-aja-udah-keren terasa terlalu mudah dan nggak asik untuk aku mainkan. Oke, ini ketertarikan pertama saya menjadi seorang geek (secara positif), mulailah aku caritau tentang dunia per-Teknologian, dan dunia per-Komputeran, browsing-browsing informasi, tanya kanan-kiri, mulai kena racun html, javascript, vb, dan akhirnya jatuh hati dan menentukan pilihan pada bidang ilmu Informatika, Ilmu Komputer.

Mimpi adalah mimpi, sesuatu yang tanpa kita sadari mempengaruhi jalan pikiran kita dan keputusan yang kita ambil dalam setiap penentuan tujuan hidup. Bagilah mimpimu kepada sahabat-sahabat dekat, mereka akan membantu dalam pencapaian mimpi yang kau punya. Bagilah mimpimu dengan keluarga, dengan orang tua, mereka akan memberimu semangat dan dukungan, serta restu yang membuat jalanmu kedepan menjadi lebih mudah. Bagilah mimpimu dengan Yang Maha Mendengar dan Maha Tinggi, jadikanlah mimpimu sebagai doa yang terus-menerus kau simpan dalam hatimu, sembari mengingat kepadaNya setiap waktu, Dia akan memudahkan jalan yang akan kau lewati, memberi kesempatan-kesempatan yang tidak terduga, yang terkadang kesempatan itu hanya akan datang sekali seumur hidupmu. Karena itu aku terus bermimpi.

Itulah kenapa aku jadi teringat peristiwa itu, peristiwa yang terjadi sekitar 4 tahun yang lalu, peristiwa pertama sesaat sebelum aku menjadi seorang siswa SMA (yang dimana sekarang udah tua, jadi anak kuliahan :p). Aku tidak akan pernah puas dalam bermimpi, karena memang itulah rahmat yang diberikan Allah kepada manusia, aku akan berusaha, sekuat tenaga, dalam menggapai mimpi-mimpiku. Walaupun, Alhamdulillah, Allah selalu memudahkan jalanku dalam hampir setiap urusan, sampai akhirnya disinilah aku, di tempat dimana “Putra-putri terbaik bangsa” (dikutip dari situs UI) mengembangkan Ilmu pengetahuan, bukan hanya demi diri mereka sendiri, tetapi yang nantinya untuk digunakan untuk kepentingan masyarakat luas.

Alhamdulillah Ya Allah atas kemudahan jalanMu selama ini. 😀

Bismillahirrahmanirrahiim, ijinkan aku untuk menggapai mimpi-mimpi dan impian-impian ku yang lain, terutama impian terbesarku. 😀

2 thoughts on “Harapan, Impian dan Doa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s